Agustus 09, 2008

Fotografi Alam Bebas

Objek foto dalam petualangan alam bebas beraneka ragam. Mulai dari manusia dengan aktivitas dan lingkungannya seperti flora, fauna, panorama dan lain-lain. Selain mengusai tehnik fotografi dalam memotret petualangan alam bebas, juga dibutuhkan ketrampilan dan menguasi tehnik petualangan alam bebas seperti tehnik memanjat tebing dengan segala prosedurnya, persiapan fisik dan mental yang matang merupakan salah satu faktor yang terpenting. Perlengkapan atau peralatan yang dibawa diusahakan seefektif mungkin. Lindungi semua perlengkapan yang dibawa seperti kamera. lensa, film agar tidak terkena air dan tahan terhadap guncangan.Perlengkapan fotografi yang ideal untuk kegiatan petualangan alam bebas adalah sebagai berikut :
KAMERA :Usahakan membawa kamera, pocket analog, pocket digital, SLR Analog, Digital-SLR (yang penting camera) dan sediakan juga pelidungnya (case) agar tahan terhadap cuaca dingin.
Khusus SLR
LENSA :
Sudut Lebar
( Wide Angle ) : 24mm / 28mmFungsinya untuk mengabadikan panorama alam secara luas dan lebar.Tele : 105mm / 135mm / 185mm / 200mm / 300mmFungsinya untuk mengabadikan onjek yang letaknya cukup jauh dari jangkauan, seperti binatang, matahari terbit/tenggelam, bunga dan lain-lain.
Lensa Zoom :
24-55mm / 28-85mm, 70-210mm / 80-200mm / 70-300mmJenis lensa ini lebih praktis dan kompak
FILTER :PL ( Polarizing )
Fungsinya untuk meredam cahaya matahari dan membuat efek yang baik terhadap langit menjadi biru.OrangeFungsinya membuat cahaya matahari terbit / tenggelam menjadi lebih dramatisMerahSangat baik untuk penggunaan film hitam putih terlebih jika digabungkan dengan filter PL, hasilnya akan lebih indah untuk objek awan.
FILM :(khusus Analog)
Jenis film yang baik untuk petualangan alam bebas adalah jenis film dengan kecepatan rendah :ASA 25, ASA 64 & ASA 100. Baik itu jenis film Color Negative, B&W atau Slide.
TRIPOD
Usahakan yang ringan tapi kokoh.
LAMPU KILAT / FLASH
Ada baiknya membawa flash yang mempunyai fasilitas TTL yang dedikasi dengan jenis kamera yang dibawa.
FLASH METER / PENGUKUR CAHAYA
Jika anda memakai jenis film Slide.
PERLENGKAPAN LAINNYA.
Sediakan battere cadangan yang cukup untuk lampu kilat, flash meter dan lain-lain.Selain itu, gunakan rasa yang ada dalam diri anda, karena dalam memotret ada tiga hal penting yaitu : mata, otak dan hati.
untuk etika alam bebas juga perlu diperhatikan,
" Dilarang mengambil sesuatu selain gambar, dilarang membunuh apapun kecuali waktu, dilarang meninggalkan apaun selain jejak kaki...."
Salam Jepret...!

0 komentar: